dofollow Tips Membuka Bisnis / Usaha ~ Jahe Gebuk

Tips Membuka Bisnis / Usaha


TIPS MEMBUKA BISNIS / USAHA



RENKARISMADYA
14.11.7625
14.S1T1.01


ABSTRAK

Banyak orang bahkan diri kita sendiri yang salah kaprah dalam memulai usahanya. Membuka usaha hendaknya dilakukan dengan hati-hati dan tidak tergesa-gesa karena dampaknya akan kita rasakan dikemudian hari. Tips ini harapannya dapat membantu kita semua dalam memulai bisnis / usaha dan memenuhi tugas artikel bisnis STMIK AMIKOM YOGYAKARTA. Berikut tips untuk anda yang akan membuka bisnis / usaha.

ISI
- Analisa Bisnis / Usaha
Kita harus memastikan bahwa bisnis / usaha kita kelak adalah usaha dimana passion kita berada. Lebih bagus lagi jika kita memiliki keahlian dan pengalaman dalam bisnis / usaha yang akan kita dirikan. Analisis potensi usaha agar bertahan dalam jangka panjang. Rencanakan bisnis / usaha yang akan kita dirikan secara detail (penjualan, modal, dll). Yang paling penting adalah rencana pemasaran bisnis / usaha kita kelak.

- Business Plan
Business plan sangat penting dalam memulai bisnis / usaha, apalagi jika bisnis / usaha kita bukan modal sendiri alias pendanaan pihak lain. Business plan membantu mengetahui banyak modal yang diperlukan, apa saja yang akan kita lakukan dalam berbisnis kelak, dan mengetahui tujuan bisnis / usaha kita kelak.

- Persiapan Modal
Ini adalah faktor penting untuk memulai bisnis / usaha kita. Banyak orang yang tidak memiliki modal sehingga bisnis / usaha tidak berjalan, ada juga yang memulai bisnis tanpa modal yaitu beliau Prof. M. Suyanto yang banyak dikisahkan dalam buku-buku beliau maupun website msuyanto.com (wajib baca). Banyak yang dapat kita lakukan dalam mendapatkan modal, bisa dari tabungan sendiri, modal investor, pinjam dari bank, ataupun mencari partner. Bisa juga kita memulai usaha dengan strategi dropshiper atau reseller.

- Perbanyak Channel / Jaringan
Jaringan bisa menjadi pondasi bisnis / usaha kita. Misalnya, bergabung dalam suatu komunitas yang sejenis dengan bisnis / usaha kita. Usahakan melakukan tips ini sebelum memulai bisnis /usaha kita. Sehingga ketika kita memulai pemasaran produk, kita telah memiliki banyak channel.

KESIMPULAN

Membuka bisnis / usaha itu mudah, asalkan kita benar-benar fokus dan niat. Saya harap tips ini berguna dan membantu kita semua memulai bisnis / usaha.

REFERENSI

Koran Tribun Jogja Selasa 3 Maret 2015.
http://msuyanto.com/baru/?cat=559
Previous
Next Post »