dofollow Lingkungan Bisnis, Pengaruh Teknologi, dan Strategi Bisnis ~ Jahe Gebuk

Lingkungan Bisnis, Pengaruh Teknologi, dan Strategi Bisnis

Bisnis? Kata-kata yang makin sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi dengan adanya tugas mata kuliah lingkungan bisnis di kampus saya tercinta STMIK AMIKOM , makin sering kata bisnis itu didengar. Berdasar ilmu yang saya dapat dari perkuliahan lingkungan bisnis ini adalah arti bisnis. Arti bisnis salah satunya yakni menukarkan apa yang kita miliki dengan uang. Siapa yang setuju dengan salah satu arti bisnis tersebut angkat tangan? Pasti para pembaca yang budiman setuju. Semua bisnis beroperasi berkat adanya lingkungan yang menaunginya, yang akan menghasilkan suatu hasil dari bisnis itu sendiri baik hasil yang menguntungkan atau hasil yang kurang menguntungkan (tidak kita harapkan). Lingkungan-lah yang mempengaruhi bisnis yang ada di dalamnya, serta mempengaruhi kinerja organisasi atau kelompok yang ada di dalamnya pula.


Pengaruh teknologi dalam bisnis yakni salah satunya mendorong pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Mengapa demikian? Karena memang pada hakikatnya teknologi ada dan berkembang untuk memudahkan manusia dalam melakukan urusannya (pekerjaannya). Dalam hal ini yang kita bahas adalah bisnis, maka otomatis teknologi ikut berperan serta dalam perkembangan bisnis itu sendiri baik perubahan yang baik maupun yang kurang baik (kurang kita harapkan). Contohnya, perkembangan teknologi internet memudahkan semua orang mendapat informasi global. Misalnya, seorang pelaku bisnis mencari inspirasi bisnis di internet dan menemukan website bisnis msuyanto.com , tentu setelah pelaku bisnis tersebut menyerap ilmu-ilmu dalam website msuyanto.com maka saya yakin bisnisnya akan berkembang. Apalagi pelaku bisnis itu kuliah di STMIK AMIKOM. Kenapa begitu? Karena STMIK AMIKOM merupakan Private Entrepreneurial Model University by UNESCO, selengkapnya silakan baca di amikom.ac.id. Contoh lain yakni acara radio geronimo.fm "Kongkow Bisnis" sebuah acara radio yang membahas bisnis. Tentunya hal ini sangat bermanfaat terhadap pelaku bisnis, terutama mereka yang bisa memahami intisari dari website maupun acara radio tersebut.

Strategi bisnis di dunia ini ada banyak sekali. Yang sedang banyak dibahas salah satunya Blue Ocean Strategy, saya baca dan kutip dari http://msuyanto.com/baru/?p=1531. Yakni strategi yang menganggap bahwa bersaing adalah menciptakan ruang pasar yang tidak ada lawannya. Pasar yang luas bagaikan "laut biru". Strategi yang lain yang sering kita jumpai juga yakni Strategi Perantara Transaksi. Yakni strategi penggunaan internet untuk proses pembelian. Masih banyak strategi lainnya yang tidak mungkin kami jabarkan disini. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua,amin.
Previous
Next Post »